Air Terjun Jurang Pulosari Atau Dikenal Curug Krebet

Pemandangan Air Terjun Jurang Pulosari Bantul

Air Terjun Jurang Pulosari atau dahulu dikenal sebagai Grojogan Njurug merupakan daya tarik wisata alam yang dikembangkan di sekitar kawasan Desa Wisata Krebet Bantul. Secara administratif air terjun ini terletak di desa Sendangsari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara Menuju Ke Air Terjun

Perjalanan menuju ke Air Terjun Jurang Pulosari dari pusat kota Yogyakarta berjarak sekitar 25 km dengan waktu tempat selama satu jam. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalan Bantul. Saat tiba di persimpangan lampu merah Kasongan, pilih jalan ke kanan/ke barat menuju ke kawasan Kasongan. Dari kawasan Kasongan ikuti jalan terus ke arah barat hingga menemui perempatan besar, dari perempatan itu ambil jalan ke arah kiri/selatan. Ketika menemui persimpangan lagi, pilih jalan lurus yang menanjak ke arah Desa Wisata Krebet. Dari kawasan Desa Wisata Krebet ke arah selatan hingga tiba di pinggir desa. Dari tempat itu sudah ada papan petunjuk menuju lokasi Air Terjun Jurang Pulosari.

Derasnya Aliran Air Terjun Jurang Pulosari Bantul

Kondisi Air Terjun Jurang Pulosari yang kami datangi masih sangat alami karena belum banyak orang yang mengetahui keberadaan tempat tersebut. Penduduk setempat pun lebih mengenalnya sebagai Njurug atau jurang yang dilewati oleh aliran air sungai musiman. Bunyi aliran air terjun yang cukup deras terdengar ketika kami mendekati air terjun tersebut. Beberapa saat kemudian akhirnya kami tiba di samping aliran air terjun.

Air Terjun Yang Mistis

Suasana sunyi, senyap, dan sedikit lembab menyambut kami saat pertama kali tiba di kawasan Air Terjun Jurang Pulosari. Kami berpikir positif saja dan tidak lupa mengucapkan permisi ketika mendatangi tempat yang jarang dijamah orang. Selanjutnya kami mencoba mengabadikan keindahan alam yang dipancarkan oleh air terjun tersebut dengan menggunakan kamera DSLR. Cukup lama kami berkeliling mencari sudut pengambilan gambar terbaik sambil belajar mempraktekkan ilmu memotret landscape yang dibaca dari salah satu majalah fotografi. Alhamdulillah selama melakukan pemotretan hingga meninggalkan lokasi, kami tidak mendapatkan kendala dan gangguan.

Annosmile Di Air Terjun Jurang Pulosari Bantul

Kesimpulan

Kondisi Air Terjun Jurang Pulosari yang saat ini sudah dibangun dan dikembangkan menjadi kawasan wisata mungkin berbeda dengan saat pertama kali kami datang ke tempat tersebut. Menurut informasi yang kami dapat, sudah banyak orang yang mengunjunginya sehingga suasana tidak semistis atau seseram saat pertama kali kami datangi. Sedikit pesan dimanapun kita berada kita harus berperilaku sopan dan mematuhi aturan yang ada. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *