Merinding Di Air Terjun Sendang Tahunan

Air Terjun Sendang Tahunan Gunungkidul

Air Terjun Sendang Tahunan atau ada yang menyebutnya dengan nama Grojogan Tahunan merupakan daya tarik wisata air terjun di dalam kawasan Hutan Wanagama milik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Secara administratif terletak di desa Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa informasi yang saya dapat air terjun ini telah diperkenalkan sebagai wisata jelajah alam bersama dengan Air Terjun atau Grojogan Sendang Ayu.

Air Terjun Sendang Tahunan tersembunyi diantara rerimbunan pohon Hutan Wanagama. Perjalanan menuju ke air terjun melewati jalan setapak dan menyusuri aliran sungai kecil. Air terjun ini memiliki bentuk jatuhan air melebar ke arah dasar tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter. Debit airnya cukup rendah dan hanya terdengar gemericik air saja. Pada bagian dasar tidak terdapat kolam dan langsung mengarah ke aliran Sungai Tahunan. Sungai Tahunan ini mengarah ke mata air Sendang Tahunan yang hanya berjarak sekitar 20 meter.  Mata air Sendang Tahunan ini selalu mengalir sepanjang tahun dan tidak pernah mengering.Debit airnya cukup tinggi saat musim penghujan dan terlihat dari kejauhan gelombang air yang muncul ke permukaan. Saat ini sumber mata air Sendang Tahunan belum dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan masih dibiarkan mengalir secara alami.

Merinding

Ada hawa sendikit berbeda ketika berkunjung ke Air Terjun Sendang Tahunan yang berada di dalam kawasan Hutan Pendidikan Wanagama ini. Bulu kuduk kulit saya terasa berdiri saat melewati rerimbunan pohon di dekat air terjun. Sepertinya ada makhluk lain yang tertarik dengan kedatangan kami. Saya berpikir positif saja sejauh berperilaku baik, tidak berkata kotor, dan tentu saja menjaga kebersihan lingkungan dimanapun berada. Alhamdulillah ketika berada di sekitar air terjun tidak mendapat gangguan hingga meninggalkan lokasi. Saya sempat menanyakan cerita mistis yang berkaitan air terjun tersebut kepada salah seorang warga yang saya temui dan didapatkan cerita bahwa pernah terdengar suara orang mandi di sekitar mata air Sendang Tahunan. Namun ketika didekati tidak ada apa-apa di lokasi. Demikian salam lestari. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *