[Otomotif] Alasan Aki Honda Beat FI Mudah Soak

Aki Atau Battery Honda Beat FI

Sebagai pengguna sepeda motor matic Honda Beat FI keluaran tahun 2013, saya mau sedikit berbagi cerita mengenai kerusakan pada komponen aki (Accu). Masalah kerusakan aki ini menjadi catatan penting dalam perawatan motor saya karena dalam dua tahun penggunaan telah berganti aki selama dua kali. Ketika browsing di internet pun ternyata banyak yang mengeluh tentang aki motor matic yang cepat soak dan tidak dapat bertahan lama.

Beberapa bengkel yang saya temui memberikan penjelasan yang berbeda mengenai alasan mengapa aki (battery) motor matic khususnya Honda Beat FI tidak bertahan lama dan mudah soak diantaranya :

  • Buruknya kualitas Aki atau battery. Dalam hal ini bengkel langganan saya tidak memandang bahwa komponen aki atau battery itu berasal dari pabrikan sparepart motor resmi (original/asli) atau pabrikan sparepart pihak ketiga (KW/3rd party). Aki yang berasal dari pabrikan resmi atau sparepart asli belum tentu awet dan mampu bertahan lama meskipun harganya cukup mahal. Ada yang bilang kualitas sparepart asli atau original tidak sebaik pada zaman dahulu.
  • Aki dari pabrikan pihak ketiga (KW) juga tentu tidak menjamin keawetan dan bertahan lama. Beberapa jenis aki dijual dari harga yang paling murah hingga sedang dengan kualitas masing-masing. Lamanya masa garansi mencapai 1 bulan bahkan ada yang berani menawarkan garansi hingga 3 bulan. Murahnya harga aki pihak ketiga membuat bengkel biasa bukan dealer lebih memilih sparepart aki tersebut atau yang sering disebut dengan sparepart KW.
  • Batasan pabrik. Saat ini banyak pabrik melakukan batasan penggunaan produk khususnya aki. Rata-rata produk aki yang dikeluarkan hanya dapat bertahan sekitar 1 tahun.
  • Motor matic jarang dipakai. Walaupun tidak atau jarang dipakai, sebaiknya motor matic tetap dipanaskan selama 5-10 menit agar aki melakukan pengisian. Hal ini untuk mencegah aki rusak sebelum waktu yang telah ditentukan.

Incoming search terms:

    aki soak di beat fi
Comments
  1. bluered
    • annosmile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *