[Kuliner] Bakmi Des Pundong Bantul

Bakmi Des Pundong merupakan kuliner yang banyak dijumpai di daerah Pundong Bantul. Cita rasanya tidak kalah dengan kuliner bakmi lokal yang ada di sekitar Yogyakarta. Letaknya cukup dekat dengan Pantai Parangtritis dan dapat ditempuh dengan jarak kurang dari 20 menit. Bakmi Des memiliki arti sebagai bakmi yang pedas (‘des’ dari kata pedas). Salah satu warung Bakmi Des yang cukup terkenal adalah Warung Bakmi Des Pak Yono yang letaknya dekat dengan Pasar Pundong.

Bakmi Des Pundong Bantul

Cara menuju ke warung Bakmi Des Pak Yono ini cukup mudah baik dari kota Yogyakarta maupun dari kawasan wisata Pantai Parangrtitis. Perjalanan dimulai dengan melewati Jalan Parangtritis hingga pertigaan di dekat SPBU Jetis. Belok lah mengikuti papan petunjuk arah menuju ke Pundong dan posisi warung bakmi tersebut berada di kiri jalan 200 meter sebelum pasar. Rata-rata warung penjaja bakmi desa buka sejak pukul 5 sore atau menjelang maghrib hingga tengah malam pukul 00.00.

Menu utama hanya bakmi des saja dengan jenis bakmi rebus dan bakmi goreng. sambil menunggu pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan daerah Pundong dan area persawahaan yang masih tersisa. Tidak lama kemudian bakmi des siap disajikan. Bentuk bakmie des berbeda dengan bakmi Jawa dan lebih mirip seperti kwetiaw namun lebih pendek-pendek. Bakmi yang digunakan merupakan bakmi bikinan sendiri dan bukan buatan pabrik seperti bakmi pada umumnya. Rasanya cukup unik dan lebih kenyal karena menggunakan campuran ketela. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan cocok dikocek para mahasiswa. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *