[Tips] Bongkar Dan Bersihkan Tripod Beike QZSD 666

bongkar-dan-bersihkan-tripod-beike-qzsd-666

Pemakaian tripod untuk aktivitas pemotretan khususnya di luar ruangan menyebabkan tripod menjadi kotor dan akhirnya kurang nyaman untuk digunakan kembali. Hal tersebut terjadi pada tripod yang biasa saya gunakan yaitu Tripod Beike QZSD 666. Berikut pengalaman saya dalam membongkar, membersaihkan, dan merawat tripod.

Persiapan

Siapkan tripod yang akan dibersihkan, pada kasus ini saya menggunakan Tripod Beike QZSD 666 milik saya sendiri sebagai bahan percobaan. Alat yang digunakan meliputi kunci L bawaan pembelian Tripod Beike QZSD 666 untuk membuka baut tripod, kain lap, ember, air detergen, sikat kecil, dan minyak pelumas (saya menggunakan minyak merk Singers yang biasa digunakan untuk melumasi mesin jahit)

Langkah-Langkah

  1. Lepas Bagian Ballhead Dan Bagian Mudah Dilepas. Putar ballhead tripod hingga benar-benar lepas dari kaki tripod kemudian lepas kunci ulir yang berada dalam ballhead tersebut. Selanjutnya lakukan juga pada beberapa bagian lain pada tripod yang dapat dilepas tanpa menggunakan alat.
  2. Lepas Baut Yang Ada Berikut Bagian Tripod Yang Tersambung Oleh Baut. Gunakan kunci L bawaan tripod untuk melepas seluruh baut yang ada. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak lubang penguncian baut. Sebelumnya perhatikan kondisi lubang kunci apabila kotor harus dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Bersihkan dan cuci tripod dari kotoran yang menempel. Diperbolehkan dicuci dengan dengan sabun cuci kemudian dibilas hingga bersih dan tidak meninggalkan sisa sabun.
  4. Keringkan tripod hingga setiap sudut tripod. Keringkan seluruh bagian tripod dengan dijemur atau diangin-anginkan hingga benar-benar kering dan tidak meninggalkan sisa air. Saya menggunakan alas koran untuk menjemur komponen tripod hingga kering.
  5. Rangkai kembali tripod. Cara merangkaikan tripod merupakan kebalikan dari cara melepas tripod. Anda sebaiknya tidak melupakan langkah-langkahnya karena bisa salah dalam pemasangan menyebabkan tripod tidak dapat digunakan.
  6. Lumasi Tripod. Lumasi sambungan dan baut tripod dengan menggunakan minyak pelumas agar terasa lembut dan tidak kaku saat digunakan.

Kesimpulan

Pembersihan dan perawatan tripod secara rutin akan membuat tripod awet dan nyaman ketika digunakan. Dalam kasus ini Tripod Beike QZSD 666 masih normal digunakan dalam jangka waktu 3 tahun dengan intensitas pemakaian 2-4 kali seminggu. Penulis tidak bertanggungjawab mengenai segala resiko yang terjadi ketika melakukan pembongkaran bagian tripod. Sebelum membongkar tripod, pembaca diharapkan mencari referensi terlebih dahulu atau berkonsultasi karena tidak semua tripod mudah untuk dibongkar. (text/foto: annosmile)

Incoming search terms:

    Cara membongkar tripod
Comments
  1. gandhihihihi
    • annosmile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *