4 Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak/Tidak Terbaca

Seringkali kita merasa panik bila memory card yang terpasang pada perangkat elektronik kita tidak dapat berfungsi dengan normal atau dikatakan rusak. Beberapa kasus kerusakan memoery card atau kartu memory antara lain kartu memori tidak dapat terbaca, kartu memori tidak dapat memuliskan data, dan kartu memori tidak terdeteksi pada perangkat. Dibawah ini akan dijelaskan beberap solusi untuk mengembalikan kondisi memory card menjadi seperti semula.

Solusi 1 Bersihkan Lempengan Memory Card

Pertama-tama matikan perangkat elektronik (kamera, smartphone, ponsel) terlebih dahulu kemudian lepaskan dari slot kartu memori. Bersihkan elemen pin yang berwarna kuning keemasan dengan menggunakan karet penghapus. Gosok pelan-pelan hingga bersih kemudian pasang kembali. Silakan pasang kembali dan dicoba kembali, bila tidak berhasil silakan coba solusi kedua.

Solusi 2 Format Melalui Perangkat Yang Digunakan (Misal kamera DSLR, ponsel)

Perlu diperhatikan bahwa cara atau solusi ini dapat menghilangkan atau menghapus seluruh data yang tersimpan dalam memory card seperti foto, gambar, video, musik, catatan, dan sebagainya. Sebisa mungkin data telah dibackup terlebih dahulu (bila bisa). Cara format memory card ini dimulai dari menu pengaturan kemudian pilih bagian format kartu memory. Untuk lebih jelasnya silakan baca cara format kartu memori pada buku manual penggunaan.  Silakan pasang kembali dan dicoba kembali, bila tidak berhasil silakan coba solusi ketiga.

Solusi 3 Error Checking

Solusi ketiga ini menggunakan bantuan komputer bersistem operasi Microsoft Windows.  Matikan perangkat elektronik (kamera, smartphone, ponsel) terlebih dahulu kemudian lepaskan dari slot kartu memori. Pasang memory card tersebut pada alat pembaca kartu memori (card reader) yang terhubung dengan komputer. Kemudian masuk ke dalam “Windows Explorer” pilih drive memory card tersebut >> klik kanan >> properties. Selanjutnya akan muncul kotak dan carilah kolom “Tools” dan pilih bagian “Error Checking“. Lakukan proses tersebut hingga selesai dan tidak muncul peringatan eror. Silakan pasang kembali dan dicoba kembali, bila tidak berhasil silakan coba solusi keempat.

Solusi 4 Full Format

Ini merupakan cara final dimana melakukan format ulang memory card yang dapat menyebabkan hilangnya seluruh data yang ada seperti foto, gambar, video, musik, catatan, dan sebagainya. Sebisa mungkin data telah dibackup terlebih dahulu (bila bisa).  Silakan masuk ke dalam “Windows Explorer” pilih drive memory card tersebut >> klik kanan >> format. Ada beberapa pilihan dan langsung saja pilih full format. Proses ini memakan waktu cukup lama bila berhasil dan harus bersabar untuk menunggu. Silakan pasang kembali dan dicoba kembali.

Kesimpulan (Conclusion)

Tidak semua memory card yang rusak seperti Compact Flash (CF), SD Card, Micro SD, dan sebagainya berhasil diperbaiki atau kembali berfungsi secara normal. Pengguna disarankan rutin untuk membackup data yang tersimpan di dalam memory card ke dalam komputer agar tidak kehilangan banyak data bila terjadi kerusakan. Bila seluruh cara dan solusi tdai berhasil mengembalikan kondisi memory card menjadi normal, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan backup data. Selanjutnya melakukan klaim garansi bila memory card tersebut masih berada dalam masa garansi. Selamat mencoba. (text/foto: annosmile)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *