[Tips] Cara Cek Shutter Count Nikon D5000

Nikon D5000 yang saat ini beredar di pasaran merupakan barang bekas atau 2nd. Saat ini Nikon D5000 sangat tidak mungkin ditemukan dalam keadaan masih tersegel alias baru mengingat usianya yang cukup lama. Ada beberapa cara untuk mengetahui kualitas dan kondisi kamera DSLR Nikon D5000 bekas dimana salah satunya dengan parameter angka SC atau singkatan dari shutter count.

Shutter Count adalah jumlah berapa banyak shutter button (tombol jepret) pada kamera yang telah ditekan atau jumlah foto yang telah dihasilkan oleh kamera. Jumlah ini sangat penting untuk kita ketahui untuk memperkirakan umur suatu kamera. Namun hal ini tidak dapat menjadi acuan kapan kamera DSLR mengalami kerusakan. Dalam jual beli kamera bekas, shutter count atau SC hanya mempengaruhi pada nilai atau harga sebuah kamera. Berikut beberapa cara mengetahui shutter count pada kamera DSLR NIkon D5000 :

1. Secara Online http://nikonshuttercount.com/

cek-shutter-count-nikon-dslr-via-online

Shutter count Nikon D5000 dapat diketahui dengan mengupload file foto terakhir dengan format .jpg yang belum diedit atau diolah pada situs ini.

2. Menggunakan software Opanda IEXIF

cek-shutter-count-nikon-dslr-menggunakan-opanda

Shutter count Nikon D5000 dapat diketahui dengan menggunakan software Opanda IEXIF yang dapat didownload secara gratis di situs resminya. Setelah terinstal Opanda IEXIF, klik kanan pada file foto terakhir yang berformat .jpg kemudian pilih “view exif”. Setelah muncul data exif secara lengkap carilah point “Total Number Of Shutter” dan lihat kolom value sebagai letak angka shutter countnya. Semoga membantu (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *