[Review] Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW)

Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW) merupakan filter CPL (circular polarier) abal-abal yang diproduksi dengan label Hoya. Kenapa disebut abal-abal? Karena filter ini tidak diproduksi secara resmi oleh pabrikan Hoya yaitu Kenko Tokina Ltd yang berada di Jepang. Berdasarkan informasi yang di dapat, filter hoya abal-abal atau sering disebut KW ini dibuat di China atau made in China meskipun pada label filter tercantum made in Japan.

Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW)

Secara sekilas kemasan Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW) mirip seperti aslinya. Namun ketika dipegang, bahan kemasan filter Hoya KW lebih ringan dan terlihat lebih lunak. Warna cat pada kertas labelnya pun sedikit lebih pudar atau cetakan terlihat kurang tajam. Tidak ada tulisan pabrik Hoya yaitu Kenko Tokina Ltd. pada label filter Hoya KW ini. Kondisi filter Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW) yang berada di dalamnya pun cukup mirip. Optiknya pun ketika diterawang hampir identik. Perbedaannya adalah pada ring logam filter Hoya original (asli) terdapat gerigi sedangkan filter Hoya KW halus tidak ada gerigi. Bila orang tidak mengetahui perbedaan fisik antara keduanya dapat tertipu dengan mudah.

Hasil Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW) saat pertama kali dicoba lumayan bagus. Kinerjanya hampir sama dengan Filter CPL Hoya asli dengan seri yang sama. Bila dibandingkan dengan seri Filter CPL Hoya paling rendah atau paling murah, kinerjanya sedikit lebih baik diatasnya.

Harga Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW) saat pertama kali diluncurkan di Indonesia oleh lapak-lapak aksesoris kamera dan lensa. Harga yang ditawarkan berkisar 100-200 ribuan tergantung diameter lensa.  Seiring bertambahnya waktu, harga filter Hoya KW ini naik menjadi 300-400ribu tergantung diameter lensa. Filter Hoya KW atau palsu ini tidak dijual di toko-toko penjual kamera dan aksesoris kamera.

Contoh Foto Menggunakan Filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW)

Kesimpulan : Kualitas filter Hoya Pro 1D MC PL-C (CPL) China (KW) hampir menyamai filter Hoya asli dengan seri yang sama. Hanya saja kualitas filter antara keduanya jauh berbeda. Perlahan-lahan kualitas filter Hoya palsu akan memudar/menurun karena buruknya material yang digunakan.

Saran : Belilah Filter Hoya yang asli yang sebagian merupakan produksi Jepang (made in Japan). Filter asli memiliki kualitas yang cukup baik dan memiliki standar mutu produk. Mencoba membeli filter murah atau palsu akan mengeluarkan dana lebih karena pada suatu saat akan membeli filter yang memiliki kualitas bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *