Hal-Hal Yang Membuat Saya Batal Meminang Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL

asus-zenfone-3-laser

Asus Zenfone 3 Laser (ZC551KL) merupakan salah seri Zenfone 3 yang belum lama ini dikeluarkan (baca: dilaunching) oleh Asus Indonesia. Sebagai penerus dari Asus Zenfone 2 Laser, Asus Zenfone 3 Laser ini didesain khusus bagi pengguna Asus Zenfone yang gemar melakukan aktivitas foto dan video dengan menggunakan ponsel. Namun pada kenyataannya spesifikasi dan fitur kamera yang disematkan pada Asus Zenfone 3 Laser ini masih kalah dibandingkan dengan seri Asus Zenfone 3 lainnya.

Saya pribadi pernah menggunakan Asus Zenfone 2 Laser beberapa hari dan cocok dengan fitur kamera yang ditawarkannya dan berharap suatu saat akan memiliki seri penerus dari Asus Zenfone 2 Laser tersebut yakni Asus Zenfone 3 Laser. Namun setelah melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan akhirnya saya membatalkan niat untuk meminang Asus Zenfone 3 Laser. Alasan saya tidak jadi memilih atau membeli Asus Zenfone 3 Laser antara lain:

  • Chipset Snapdragon 430. Saya tidak tahu alasan Asus Zenfone masih menggunakan chipset berangka awalan 4 dimana digunakan untuk smartphone kelas bawah (low end) yang berharga murah dengan kinerja biasa. Padahal seperti yang kita tahu Asus Zenfone 3 diperkenalkan sebagai ponsel kelas menengah (middle end) dan kelas atas (high end).
  • Bloatware. Kasus aplikasi sampah atau aplikasi tidak berguna masih banyak ditemukan di seri Asus Zenfone 3 dan sangat menguras pemakaian prosessor dan RAM. Aplikasi sampah tersebut tidak dapat dihapus bila tidak dilakukan rooting. Padahal bila dilakukan rooting akan menghilangkan garansi smartphone Asus.
  • Kamera Tanpa OIS (optical image stabilization). Asus Zenfone 3 Laser tidak memiliki fitur penstabil gambar/pengurang getaran pada kamera utama padahal smartphone ini didesain khusus bagi orang yang menyukai fotografi ponsel. Akan tetapi fitur OIS ini malah ditemukan pada seri Asus Zenfone 3 yang lain.
  • Perekaman Video belum 4K. Asus Zenfone 3 Laser tidak merekam video dengan kualitas 4K seperti seri Asus Zenfone 3 yang lain.
  • Harga Terlalu Mahal (Over Price). Kisaran harga Zenfone 3 Laser yang ditawarkan sekitar 3,5 juta untuk spesifikasi dan fitur yang ditawarkan terlampau mahal. Kecuali bila kita membutuhkan RAM sebesar 4 GB hal tersebut pengecualian karena masih sedikit kompetitor yang menawarkan RAM sebesar itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *