[Review] IKEA Lerberg, Rak Serbaguna Yang Wajib Dipunyai

IKEA Lerberg merupakan rak 4 (empat) tingkat terbuka dengan kedalaman yang berbeda-beda. Rak berbahan baja ini multifungsi untuk bermacam-macam benda mulai dari pernak-pernik, hiasan, hingga buku. Cara perawatan cukup mudah dengan dilap dengan kain basah lalu keringkan dengan kain kering.

Spesifikasi

  • Dimensi: lebar 60 cm, kedalaman 35 cm, tinggi 148 cm
  • Bahan : Baja, Dilapisi serbuk epoxy/poliester
  • Beban maksimum/rak : 10 kg
  • Warna : Putih
  • Harga : Rp 300.000,- (diluar ongkos kirim)

Pembelian

Produk IKEA Lerberg hanya dijual di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Indonesia. Saya yang tinggal di kota Yogyakarta/Jogja membeli produk IKEA Lerberg warna putih melalui Jasa Titip IKEA pada salah satu online marketplace di Indonesia. Proses pengepakan saya meminta 3 lapis bubble wrap untuk mencegah barang rusak, peyok, dan cacat selama pengiriman. Beberapa pembeli yang saya amati mengeluhkan bahwa produk IKEA yang mereka pesan mengalami kerusakan saat pengiriman. Walaupun beberapa penjual atau jasa titip bersedia mengganti barang yang rusak tersebut. Saya meyarankan penggunaan bubblewarp minimal 3 lapis atau 3 kali order bubble wrap saat membeli produk rak ini. Pengiriman menggunakan paket JNE Oke tanpa packing kayu atau asuransi dengan esktimasi waktu 3-5 hari.

Perakitan

Produk IKEA Lerberg dapat dirakit sendiri atau meminta bantuan dari pihak IKEA. Saya yang melakukan pembelian secara online melalui Jastip atau Jasa titip harus merakit sendiri. Dalam paket pembelian IKEA Lerberg terdapat petunjuk manual yang cukup memudahkan dalam merakit perabot IKEA yang saya beli. Proses perakitan bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Waktu perakitan yang saya lakukan kurang dari 10 menit. Cek ulang baut yang terpasang sudah kencang atau belum.

Penggunaan

Saya menggunakan IKEA Lerberg untuk menaruh berbagai macam barang-barang saya di kamar pribadi. Rak pertama atau paling atas saya gunakan untuk menaruk pernak-pernik, hiasan, dan piagam. Rak kedua dan rak ketiga saya gunakan untuk menarik storage atau kontainer plastik, helm, dan sebagainya. Sedangkan rak keempat atau rak paling bawah saya gunakan untuk menarik tas dan kotak berisi sepatu. Sebenarnya saya ingin menaruh koleksi buku di rak nomor dua tapi belum menemukan sekat buku agar buku bisa berdiri tegak dan tidak jatuh di bagian sisi tepi.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  • Tahan rayap karena berbahan baja
  • Mutifungsi untuk berbagai macam barang
  • Bentuk menarik dengan variasi warna

Kekurangan

  • Tidak ada garansi
  • Kesalahan perakitan merupakan tanggungjawab pembeli
  • Toko tidak tersebar di kota-kota di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *