[Review] IKEA Tertial, Lampu Meja Untuk Baca

IKEA Tertial merupakan lampu baca atau lampu arsitek yang dapat digerakkan secara fleksibel serta efektif. Lampu baca ini berbahan baja didesain dengan lengan yang dapat disesuaikan. Cara perawatan cukup mudah dengan dilap dengan kain basah lalu keringkan dengan kain kering.

Spesifikasi

  • Tinggi minimum : 44 cm, Tinggi maksimal : 65 cm
  • Daya lampu maksimal : 13 watt
  • Diameter kap lampu : 17 cm
  • Panjang kabel : 1,5 meter

Pembelian

Produk IKEA Tertial hanya dijual di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Indonesia. Saya yang tinggal di kota Yogyakarta/Jogja membeli produk IKEA Tertial warna putih melalui Jasa Titip IKEA pada salah satu online marketplace di Indonesia. Proses pengepakan saya meminta 1 lapis bubble wrap untuk mencegah barang rusak, peyok, dan cacat selama pengiriman. Beberapa pembeli yang saya amati mengeluhkan bahwa produk IKEA yang mereka pesan mengalami kerusakan saat pengiriman. Walaupun beberapa penjual atau jasa titip bersedia mengganti barang yang rusak tersebut. Saya meyarankan penggunaan bubblewarp minimal 1 lapis atau 1 kali order bubble wrap saat membeli produk rak ini. Pengiriman menggunakan paket JNE Oke tanpa packing kayu atau asuransi dengan esktimasi waktu 3-5 hari.

Perakitan

Produk IKEA Tertial dapat dirakit sendiri atau meminta bantuan dari pihak IKEA. Saya yang melakukan pembelian secara online melalui Jastip atau Jasa titip harus merakit sendiri. Dalam paket pembelian IKEA Tertial terdapat petunjuk manual yang cukup memudahkan dalam merakit perabot IKEA yang saya beli. Proses perakitan bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Waktu perakitan yang saya lakukan kurang dari 5 menit.

Penggunakan bohlam lampu yang disarankan adalah bohlam LED E27 400 lumen yang juga produk dari IKEA. Karena bohlam tidak disertakan dengan paket pembelian IKEA Tertial dan harganya cukup mahal, saya menggunakan alternatif lampu Philips LED E27 350 lumen dengan daya 4 watt yang hampir mendekati angka lumen yang disarankan. Hanya saja lampu Philips yang saya gunakan ini tidak dapat diatur keterangannya.

Penggunaan

Saya menggunakan IKEA Tertial untuk penerangan meja kerja atau meja baca di rumah. Penggunaan lampu baca akan mengurangi rasa lelah mata ketika membaca dalam waktu yang cukup lama.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  • Standar kualitas barang/produk baik

Kekurangan

  • Harga lebih mahal daripada produk sejenis/sama dengen merk lain
  • Lampu LED/bohlam dijual terpisah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *