[Review] IR Remote Shutter Release ML-L3 for Nikon D80/D90/D3000

ir-remote-shutter-release-ml-l3-for-nikon-d80-d90-d3000

IR Remote Shutter Release ML-L3 for Nikon D80/D90/D3000 merupakan produk remote shutter dengan model wireless infra red (IR) yang diproduksi oleh Nikon sendiri dan produsen aksesoris pihak ketiga (3rd party). Saya mendapatkan pinjaman IR Remote Shutter Release ML-L3 for Nikon D80/D90/D3000 punya teman yang kebetulan mendapatkan atau memberi barang asli Nikon dengan kondisi bekas. IR Remote Shutter Release ini dijual dengan harga sekitar Rp 75.000,- hingga Rp 100.000,-.

Saya mencoba kinerja IR Remote Shutter Release ML-L3 for Nikon D80/D90/D3000 dengan mengujinya pada kamera Nikon D90. Fitur dari remote shutter ini antara lain dapat digunakan untuk beberapa tipe kamera DSLR Nikon dan kamera saku Nikon, memiliki dua mode pilihan, jarak terjauh dari kamera sekitar 16 kaki atau 4-5 meter, dan sangat berguna untuk pemotretan dengan kecepatan shutter rendah. Remote Shutter Release ini hanya tersedia satu tombol saja tanpa adanya tombol lock/kunci seperti Remote Shutter Release Cable. Kekurangannya remote shutter IR ini hanya dapat digunakan dari depan kamera DSLR atau menghadap sensor IR pada kamera saja. Bila mencobanya dari sisi samping atau belakang kamera yang tidak terdapat sensor IR maka remote shutter IR ini tidak berfungsi.

Secara keseluruhan IR Remote Shutter Release ML-L3 for Nikon D80/D90/D3000 dapat menjadi salah satu pilihan remote shutter kamera DSLR Nikon D90. cocok bagi pengguna kamera DSLR yang ingin memotret dari depan atau selfie tanpa harus menggunakan fitur timer (penghitung waktu). Namun Bagi saya pribadi, saya lebih memiliki remote shutter release cable dibandingkan tipe remote shutter IR ini karena membutuhkan fitur shutter lock untuk pemotretan dengan waktu yang lama (blub). (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *