Arti Kode (-E-) Pada Nikon DSLR

Kode “(-E-)” yang muncul pada panel LCD atas atau LCD belakang kamera DSLR Nikon merupakan indikator kamera mengalami masalah atau error. Kode ini muncul pada semua kamera digital Nikon khususnya kamera jenis DSLR seperti Nikon D3100, D5100, D40, D40x, D60, D80, D90, D300, D300s, D7100, D7200, D600, D700, D750, D800, D3, hingga yang paling mahal D4s.

Penjelasan

Kode “Err” adalah kode peringatan yang dibuat produsen kamera Nikon khususnya kamera DSLR untuk memberikan informasi kamera tidak normal. Masalah ini disebabkan kamera memory card (SD Card/Compact Flash) tidak terpasang atau tidak terdeteksi oleh kamera DSLR.

Solusi

Cara mengatasi munculya kode peringatan (-E-) adalah dengan memasang kembali memory card (SD Card/CF) ke dalam slot memorycard kamera DSLR. Bila masih muncul kode tersebut segera ganti dengan memorycard lain dan jangan lupa pastikan memory card yang akan dipasang berfungsi dengan normal. Bila tetap muncul kode tersebut setelah beberapa kali diganti memory cardnya berarti terjadi masalah atau kerusakan pada komponen pembaca memory card.

Bila positif komponen pembaca memory card pada kamera DSLR Nikon mengalami kerusakan atau tetap muncul kode (-E-) segera bawa ke service center resmi Nikon di Indonesia atau jasa service kamera Nikon terdekat di kota Anda. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *