Solusi Mengatasi Kode Err 01 Pada DSLR Canon

Kode “Err 01” yang muncul pada panel LCD atas atau LCD belakang kamera DSLR Canon merupakan indikator kamera mengalami masalah atau error. Kode ini muncul pada semua kamera digital Canon khususnya kamera jenis DSLR seperti Nikon 1000D, 1100D, 1200D, 300D, 350D, 400D, 450D, 500D, 550D, 600D, 650D, 700D, 20D, 30D, 40D, 50D, 60D, 70D, 7D, 6D, 5D hingga yang paling mahal 1Dx.

Penjelasan

“Err 01: Lens to body communication error” atau kadang disertai tulisan “Communications between the camera and lens is faulty. Clean the lens contacts.” merupakan salah satu kode error atau kode kerusakan pada kamera DSLR Canon. Kode tersebut memiliki arti dimana terjadi kegagalan komunikasi antara camera dan lensa, sehingga semua data yang diberikan lensa pada camera begitu juga sebaliknya tidak bisa diakses. Hal ini bisa disebabkan oleh bodi kamera pada konektor mount lensa atau pada lensa sendiri.

Solusi

Cara mengatasi masalah ini dapat dilakukan penggunakan kamera DSLR Canon sendiri tanpa harus membawanya ke service center/service kamera. Pertama-tama segera matikan kamera DSLR Canon Anda kemudian melepaskan baterai serta lensa yang terpasang pada bodi kamera. Petunjuk selanjutnya adalah bersihkan sambungan kontak antara mount lensa dan body kamera dengan alat pembersih seperti lap, tissu, dan sebagainya. Penggunaan penghapus karet juga disarankan untuk membersihkan kerak yang menempel pada element logam yang ada. Pasang kembali baterai dan lensa secara benar pada bodi kamera kemudian kembali dihidupkan. (text/foto: annosmile)

Incoming search terms:

    mengatasi error 01 pada kamera canon cara mengatasi communications between the camera and lens is faulty clean the lens contacts cara mengatasi communication between the camera and lens is faulty clean the lens contact error 01 kamera eos 600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *