Arti Kode “f–” Pada Nikon DSLR

Kode “f–“ yang muncul pada panel LCD atas atau LCD belakang kamera DSLR Nikon merupakan indikator kamera mengalami masalah atau error. Kode ini muncul pada semua kamera digital Nikon khususnya kamera jenis DSLR seperti Nikon D3100, D5100, D40, D40x, D60, D80, D90, D300, D300s, D7100, D7200, D600, D700, D750, D800, D3, hingga yang paling mahal D4s.

Penjelasan

Kode “f” kadang disimbolkan ditengah segitiga adalah kode peringatan yang dibuat produsen kamera Nikon khususnya kamera DSLR untuk memberikan informasi kamera tidak normal. Hal ini disebabkan karena bodi kamera tidak dapat mendeteksi lensa yang terpasang atau mendeteksi diafragma pada lensa yang terpasang. Kode peringatan ini biasanya muncul saat menggunakan lensa manual dan pada beberapa kasus lensa autofocus (AF) yang diduga mengalami kerusakan.

Solusi

Munculnya kode “f–” saat menggunakan lensa manual dibiarkan saja karena pengguna lensa manual mengatur dan mengubah diafragma melalui ring diafragma pada lensa. Sedangkan bila masalah ini muncul pada lensa-lensa autofocus, segera matikan kamera DSLR Anda kemudian melepaskan baterai serta lensa yang terpasang pada bodi kamera. Petunjuk selanjutnya adalah bersihkan sambungan kontak antara mount lensa dan body kamera dengan alat pembersih seperti lap, tissu, dan sebagainya. Penggunaan penghapus karet juga disarankan untuk membersihkan kerak yang menempel pada element logam yang ada. Pasang kembali baterai dan lensa secara benar pada bodi kamera kemudian kembali dihidupkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *