Arti Kode “fEE” Pada Nikon DSLR

Kode “fEE” yang muncul pada panel LCD atas atau LCD belakang kamera DSLR Nikon merupakan indikator kamera mengalami masalah atau error. Kode ini muncul pada semua kamera digital Nikon khususnya kamera jenis DSLR seperti Nikon D3100, D5100, D40, D40x, D60, D80, D90, D300, D300s, D7100, D7200, D600, D700, D750, D800, D3, hingga yang paling mahal D4s.

Penjelasan

Kode “fEE” adalah kode peringatan yang dibuat produsen kamera Nikon khususnya kamera DSLR untuk memberikan informasi kamera tidak normal. Hal ini hanya terjadi pada penggunaan lensa Nikon/Nikkor jenis AF/AF-D saja yang memiliki ring diafragma (kode lensa D). Masalah ini sebenarnya cukup sepele karena hanya sedikit kesalahan penggunaan saja atau berarti kamera tidak mengalami kerusakan. Sedikit informasi yang didapat, lensa Nikon tipe AF/AF-D hanya dapat digunakan pada kamera DSLR atau SLR digital ketika posisi diafragma dikunci pada bukaan diafragma paling kecil (f angka besar).

Solusi

Cara mengatasi munculnya kode “fEE” adalah dengan memutar ring diafragma lensa ke bukaan diafragma terkecil (angka f besar) seperti f16, f22, dan sebagainya. Setelah diputar kamera akan kembali dapat digunakan atau kembali berfungsi normal. Hal ini sebenarnya merupakan sepele namun membuat sebagian orang merasa panik.

Incoming search terms:

    apa arti fEE DI KAMERA NIKON D70 S arti fee di kamera nikon arti fee dxlr arti kode FEE arti kode nomor di lcd atas nikon d90 bagaimana cara mengatasi kamera nikon fee istilah F33 pada kamera nikon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *