Kopdar Hore 2017: Mangan Ora Mangan Pokoke Kopdar

Kopdar Hore RBI 2017

Mangan Ora Mangan Pokoke Kopdar adalah tema Kopdar Hore 2017 yang digagas oleh Blontank Poer (Pak Bhe) yang mengelola RBI (Rumah Blogger Indonesia) dan Blogger Bengawan Solo. Beliau ingin mengumpulkan kembali, merangkul, berbagi pikiran para blogger yang sudah lama tidak bertemu. Acara Festival Media (FesMed) dan Kongres AJI di Solo menjadi moment tepat mengumpulkan para blogger karena mereka adalah bagian dari jurnalisme warga, Event kopdar blogger memang sudah lama tidak diselenggarakan, terakhir yang saya tahu dan saya ikuti adalah event ASEAN Blogger Festival Indonesia (ABFI2013) yang juga diselenggarakan di kota Solo.

Tema yang digunakan dalam Kopdare Hore 2017 sekilas terkesan acara asal-asalan. Meski demikian acara kopdar diselenggarakan justru melimpah dengan sajian makanan khususnya bebakaran mulai dari sate kambing, ayam bakar, sate sosis, sate tempura, dan sebagainya. Minuman yang disajikan pun cukup beragam mulai dari teh Blontea racikan Blontank Poer sendiri hingga kopi, susu, air putih, dan air galak. Tidak ketinggalan ada hiburan okers musik keroncong khas Solo yang menarik untuk didengarkan.

Kopdar Hore 2017 yang diselenggarakan tanggal 23 November 2017 malam ini cukup meriah. Turut hadir beberapa blogger lawas dan mantan blogger yang saya kenal seperti Dafhy dari komunitas blogger Kotareyog Ponorogo; Mbah Sangkil, Deteksi, dan Frenavit Putra dari komunitas blogger Surabaya TPC; Sangnanang dan Agus Mulyadi dari komunias blogger Pendekar Tidar Magelang; dan sebagainya. Beberapa blogger independent lain yang hadir juga berasal dari beberapa kota seperti Estiko dan Yudhi Setiaji dari Banyumas, Lantip, Bimosaurus, Baba, Bernard dari Yogyakarta. Dari tuan rumah sendiri yang blogger Bengawan, ada beberapa blogger lawas yang hadir seperti Arit Santosa, Anisa Febrina, Nenden Sekar, dan Ael Fahma. Selain para blogger yang diundang, ada tamu undangan lain seperti jurnalisme warna, penggiat teknologi informasi dan sebagainya.

Acara Kopdar Hore 2017 berlangsung santai karena inti acara adalah makan-makan, ngobrol, dan bersantai. Walaupun ditengah-tengah acara sang tuan rumah mengajak diskusi sejenak dengan perwakilan AJI (Aliansi Jurnalistik Indenpenden) dan perwakilan XL Axiata yang mendukung acara yang berkaitan dengan dunia maya dan dunia teknologi. Bagi saya pribadi, acara Kopdar Hore 2017 memberikan suasana berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Saya mengucapkan terima kasih atas segala pelayanan yang diberikan selama acara dan salut kepada panitia yang sukses menyelenggarakan acara. Semoga kedepannya ada acara serupa untuk mengangkat kembali nama blogger yang meredup ditengah kerasnya arus sosial media yang mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat.(text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *