[Kuliner] Secangkir Kopi Robusta Warung Kopi Merapi

Blusukan lereng Gunung Merapi di bagian selatan tepatnya di daerah Cangkringan Sleman akhirnya mengantarkan kami kepada sebuah warung kopi yang bernama Warung Kopi Merapi. Warung kopi ini berdiri dengan sederhana di area Desa Wisata Petung yang sebagian terkena dampak erupsi Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu. Sisa-sisanya masih tampak berupa tumpukan batu pasir yang memenuhi sebagian kawasan. Udara yang cukup berdebu tidak mengurungkan niat kami mampir sejenak untuk menikmati kopi di warung ini.

Kopi Robusta Warung Kopi Merapi

Warung Kopi Merapi merupakan warung yang menjual hidangan kopi khas Merapi yang ditanam di sekitar lereng Gunung Merapi bagian selatan. Para petani kopi setempat membentuk usaha pengolahan kopi bersama untuk meningkatkan daya jual kopi dan meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satu konsep pemasarannya adalah mendirikan Warung Kopi Merapi disamping banyak cara pemasaran yang lain. Saat ini sajian Kopi Merapi sudah terkenal di seluruh nusantara karena cita rasanya yang khas dan telah banyak orang yang secara rutin membeli kopi ini.

Warung Kopi Merapi menyediakan dua jenis kopi yaitu kopi robusta dan kopi arabica. Pilihan saya jatuh pada kopi robusta karena jenis kopi tersebut bagi saya merupakan jenis paling favorit. Tidak lama kemudian secangkir kopi robusta merapi segera tersaji dengan gula yang dipisah. Menu makanan yang ada di Warung Kopi Merapi saat itu hanya tersisa mie instan dan akhirnya saya memesan mie instant rebus telur. Cukup nyaman menikmati secangkir kopi di warung ini sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi yang tampak dekat. Keberadaan debu dari pasir gunung sepertinya tidak menjadi soal apabila tidak banyak kendaraan yang berlalu lalang di sekitar warung ini. Debu-debu tersebut beterbangan karena banyak kendaraan offroad yang melintas dengen kecepatan tinggi. Semoga kawasan tersebut segera hijau dan debu-debu segera lenyap. (text/foto: annosmile)

Incoming search terms:

    kopi merapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *