Pencarian Lens Hood Tokina BH-77A

Lens hood Tokina BH-77A merupakan lens hood bawaan lensa Tokina ATX-PRO SD 11-16mm f2.8 IF DX generasi pertama dan generasi kedua. Keberadaannya cukup vital untuk melindungi atau mengurangi benturan langsung optik lensa bagian depan dan mengurangi efek flare pada lensa. Lensa ini jarang dijual dalam bentuk terpisah sebagai aksesoris dan dijual sepaket dengan lensanya. Tidak heran bila Lens Hood BH-77A menjadi barang langka dan mampu meningkatkan daya jual lensa sudut lebar tersebut.

Lens Hood Tokina BH-77A Original hanya dapat ditemukan di toko online di luar negeri seperti Amazon, eBay, Adorama, BHPhotoVideo, dan sebagainya. Sedangkan di Indonesia sendiri lens hood tersebut dijual dalam kondisi bekas di situs jual beli online seperti KasKus, BukaLapak, Olx, dan sebagainya. Namun keberadaannya cukup jarang ditemukan adan harus bersabar sampai ada yang menjualnya. Alternatif pengganti Lens hood BH-77A adalah lens hood universal 3rd party berjenis flower hood dengan diameter filter lensa (ring filter) 77mm. Harganya cukup murah berkisar Rp50.000,- s/d Rp 100.000,- di toko atau lapak penjual aksesoris kamera.

Spesifikasi

  • Manufacturer (produsen) : Tokina
  • Made in : Japan
  • Type : BH-77A
  • Diameter : 77mm
  • Compatible : Lensa Tokina ATX-PRO SD 11-16mm f2.8 IF DX
  • Material : plastik

Kesimpulan (Conclusion)

Lens hood Tokina BH-77A untuk lensa Tokina ATX-PRO SD 11-16mm f2.8 IF DX tidak dijual terpisah tanpa lensanya dan tidak dijual sendiri sebagai aksesoris lensa. Alternatif cara untuk menemukan lens hood Tokina BH-77A dengan cara mencarinya sebagai barang bekas (2nd/seken) di bursa alat-alat fotografi seperti kaskus, tokobagus, bukalapak, atau bursa fotografer.net. Namun hal itu belum tentu ada yang menjualnya karena sangat jarang sekali orang menjual secara terpisah. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *