Event March Macro 2016

March Macro 2016 - Museum Widayat Magelang

March Macro (MM) merupakan acara lanjutan dari gathering komunitas fotografi makro (macro photography) yang mulai diselenggarakan 2 tahun lalu yaitu Cultural Macro (CM). March Macro atau Cultural Macro ini diselenggarakan di luar kota Yogyakarta (Jogja) tepatnya di kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 40 km. Lokasi utama berada di kawasan Museum Widayat, museum seni lukis yang didirikan oleh seniman yang bernama Widayat. Pelukis Widayat ini konon disebut sebagai Pablo Picasso-nya Indonesia.

Museum Widayat atau disebut dengan nama Museum Haji Widayat adalah wujud nyata sebuah impian, obsesi dan prestasi dari pelukis H. Widayat dimana berdiri atas areal tanah seluas 7000 m². Letaknya cukup strategis tepi jalur wisata antara candi Mendut dan candi Borobudur. Selain sebagai tempat memamerkan karya-karya pribadinya, museum ini juga membuka diri untuk memamerkan karya-karya pelukis dan perupa lain karena motivasi utama Widayat adalah menjadikan museum pribadinya ini sebagai tempat belajar dan mengapresiasi karya seni. Kompleks museum ini dilengkapi Gallery, Artshop, ruang penodopo dan taman yang mendukung untuk penyelenggaraan acara March Macro 2016. Persiapan demi persiapan dilakukan panitia secara serius agar acara berjalan dengan baik mulai dari survei lokasi, pembahasan rangkaian acara, pemesanan kaos, mencari sponsor, dan sebagainya.

March Macro 2016 - Bukit Purwosari Cemuris Magelang

Acara March Macro 2016 hari pertama dimulai dengan perjalanan menuju Museum Widayat Magelang dari dari titik point kumpul di area parkir XT Square Yogyakarta. Acara selanjutnya adalah berkenalan antar peserta sambil bersantap di area pendopo yang sudah dilengkapi dengan jajanan pasar yang cukup menarik untuk dicicipi. Peserta March Macro tidak lupa diajak keliling Museum Widayat melihat semua koleksi yang dipamerkan. Menjelang sore diselenggarakan acara hunting model bertema wanita & lukisan yang dibimbing langsung oleh Pak Risman Marah. kegiatan malam hari diisi dengan sharing dengan bapak Wahyu IDS selaku Presiden Indonesian Dragonfly Society dengan tema Foto Macro sebagai Salah Satu Upaya Pelestarian Lingkungan.

Acara March Macro 2016 hari kedua dibuka dengan berburu matahari terbit atau sunrise dari puncak Bukit Purwosari (Purwosari Sunrise Hill) yang dulu dikenal dengan nama Punthuk Cemuris Mas. Selain dapat menikmati keindahan matahari terbit diantara dua gunung yang tampak di sisi timur yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, pengunjung dapat melihat Candi Borobudur dari atas bukit yang berselimut kabut yang berlapis-lapis. Tidak heran bila pemandangan sunrise dari bukit hampir sama dengan Bukit Punthuk Setumbu dan menjadi alternatif pilihan selain puncak bukit tersebut. Tempat ini kami pilih dengan alasan lokasinya belum ramai pengunjung walaupun hari liburan dan cukup nyaman digunakan untuk pemotretan dengan banyak orang atau peserta. Menjelang subuh, seluruh peserta berangkat menuju ke lokasi Bukit Purwosari untuk berburu matahari terbit. Para peserta cukup antusias mengabadikan pemandangan matahari terbit meskipun akhirnya ditutup dengan kabut tebal.

Acara pagi hari di hari kedua March Macro 2016 dilanjutkan dengan memotret satwa reptil seperti ular, kadal, dan sebagainya. Selain itu ada juga properti objek macro yang disediakan seperti jamur, lumut, beberapa jenis serangga, dan ikan cupang (beta) yang akhir-akhir ini menarik minat untuk difoto. Gathering March Macro 2016 ditutup dengan foto bersama di depan bangunan joglo kawasan Museum Widayat Magelang. Ucapa terima kasih panitia haturkan kepasa seluruh peserta yang telah meluangkan waktu untuk acara ini, komunitas reptil yang menunjukkan aksi hewan reptil koleksinya, pengelola Bukit Purwosari, pengelola Museum Widayat, dan pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Panitia bersyukur acara berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti hingga akhir acara. Segala kekurangan yang ada panitia meminta maaf dan ditunggu saran dan kritiknya agar acara selanjutnya terselenggara lebih baik. Sampai jumpa dalam acara Cultural Macro tahun depan ya! (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *