[Tips] Memilih MemoryCard Kamera Digital

beragam-jenis-memorycard

Memorycard kamera digital (DSLR/prosumer/pocket) cukup vital karena mempengaruhi proses penyimpanan data yang dibuat dari kamera. Saat ini beragam merk, jenis, dan ukuran memorycard dari yang paling besar hingga yang paling kecil. Kita harus bijak dalam memilihnya supaya tidak kecewa atau mengalami kerugian ketika telah membelinya dan menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa menjadi panduan dalam memilih memorycard :

  • Pilihlah jenis memorycard yang sesuai dengan kamera yang kita pergunakan. Dukungan jenis dan ukuran memorycard biasanya tercantum dalam buku petunjuk penggunaan kamera dan website resmi produsen kamera. Hal ini bertujuan agar kita tidak salah membeli jenis memorycard.
  • Perhatikan kapasitas penyimpanan memorycard yang dipilih sesuai kemampuan baca pada kamera. Kapasitas penyimpanan yang terlalu besar atau terlalu kecil kadang tidak terbaca oleh kamera. Untuk informasi lebih lengkap silakan baca buku petunjuk penggunaan kamera atau di website resmi ;produsen kamera.
  • Perhatikan kecepatan baca/tulis pada memorycard. Kecepatan baca tulis memorycard tergantung penggunaan memorycard. Biasanya memorycard dengan kecepatan baca/tulis yang tinggi digunakan untuk merekam video dengan kualitas terbaik.
  • Pilihlah merk memorycard yang terpercaya dan terbaik kualitasnya. Sebelum membeli memorycard, baca terlebih dahulu review-review yang membahas pengalaman menggunakan merk memorycard tertentu. Buruknya kualitas memorycard kadang membuat kamera tidak dapat membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *