Merajut Masa Depan Bersama BNI

Gedung BNI Cabang Yogyakarta

Kebiasaan menabung sejak dini diajarkan orang tua saya sejak saya masih kecil. Orang tua saya mendidik saya untuk menabung sejak kecil bila kelak telah dewasa dapat mengatur keuangan dengan baik dan bijaksana. Menabung memiliki banyak manfaat antara lain melatih hidup hemat, sebagai investasi jangka panjang, mencegah untuk berhutang, dan sebagai cadangan keuangan bila tiba-tiba ada kebutuhan yang mendesak. Mungkin itulah salah satu alasan orang tua mengajarkan saya untuk belajar hemat dan menabung. Kala itu saya dididik menabung sebagian uang saku pada sebuah celengan atau kotak tabungan yang terbuat dari tanah liat. Sekitar satu dua tahun tabungan tersebut dipecah atau diambil, kemudian sebagian dibelanjakan untuk hal yang diinginkan untuk dibeli dan sebagian lagi kembali ditabung untuk kebutuhan yang akan datang.

Saya mendapat banyak manfaat dari kebiasaan menabung saat masih kecil dan masih saya lanjutkan ketika beranjak dewasa. Namun metode tabungan dengan menggunakan kotak celengan sudah tidak cocok lagi diterapkan untuk orang dewasa dan hanya cocok pada anak usia dini saja. Pilihan bijak untuk menabung pada usia dewasa adalah dengan membuka rekening tabungan di bank. Saya masih sedikit ingat kala itu sempat kebingungan memilih bank yang terbaik dan cocok dengan status saya sebagai seorang mahasiswa. Disaat itu secara tidak sengaja membaca nama gedung BNI46 yang terpasang di titik nol kilometer kota Yogyakarta saat melintasi kawasan tersebut. Sesampai dirumah saya langsung berburu informasi mengenai BNI (Bank Negara Indonesia) di dunia maya dan akhirnya diputuskan memilih bank tersebut untuk membuka rekening tabungan.

Taplus dan ATM BNI

Tabungan Pertama

Pengalaman Bersama BNI dimulai ketika saya membuka tabungan untuk pertama kali. Proses membuka rekening tabungan BNI dapat dilakukan di semua cabang BNI di seluruh Indonesia. Saya memilih membuka rekening tabungan di kantor cabang BNI UGM yang dekat dengan kampus saya setelah pulang dari perkuliahan. Diantara jenis tabungan atau simpanan yang ditawarkan saya memilih tabungan BNI Taplus. Syarat mendaftar BNI Taplus adalah identitas pribadi KTP/SIM/Paspor (pilih salah satu). Untuk lebih lengkap mengenai persyaratan bisa dibaca di situs resmi BNI kolom BNI Taplus. Awalnya saya sempat ragu bila proses pendaftaran atau proses membuka rekening tabungan akan berbelit-belit dan memakan waktu cukup lama. Namun hal tersebut terbantahkan oleh customer service yang ramah dan memberikan informasi lengkap mengenai tata cara membuka rekening. Akhirnya saya makin mantap dan yakin untuk membuka tabungan di BNI. Hanya membutuhkan waktu belasan menit untuk mengisi formulir dan mengikuti prosedur singkat, akhir saya mendapatkan tabungan dari BNI berikut dengan kartu ATM berjenis BNI Silver. Sedikit informasi kartu ATM yang dikeluarkan BNI berjenis BNI Debit Silver, BNI Debit Gold, BNI Debit Platinum yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Nasabah tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan kartu ATM karena tersedia secara instan. Kesan pertama mengenai proses membuka rekening tabungan di kantor cabang BNI cukup mudah dan singkat. Minimal jumlah setoran awal untuk tabungan pun cukup rendah dan terjangkau untuk semua kalangan. Saat ini BNI Taplus untuk setoran awal minimal Rp 500.000,- untuk Jabodetabek dan Rp 250.000,- untuk luar Jabodetabek dengan saldo minimal Rp 150.000,-.

Manfaat pertama dalam memiliki tabungan BNI bagi saya adalah sebagai media pembayaran SPP atau biaya kuliah di universitas tempat saya menimba ilmu. Dengan memiliki rekening BNI, mahasiswa tidak perlu repot mengantri untuk melakukan pembayaran kuliah karena dapat dilakukan secara online melalui mesin ATM. Selain itu keberadaan ATM BNI bagi saya sangat membantu sekali ketika melakukan perjalanan ke luar kota. Sebagai orang yang memiliki hobi jalan-jalan atau traveling, keberadaan tabungan/ATM sangat membantu ketika tiba-tiba membutuhkan dana atau uang untuk pengeluaran yang tidak terduga. Untung saja ATM BNI telah menjangkau hampir ke seluruh tanah air dan bekerjasama dengan jaringan ATM sehingga kita tidak perlu repot-repot berkunjung ke pusat kota untuk menarik uang tunai. Sudah tidak terhitung beberapakali tertolong dengan keberadaan ATM BNI disamping setiap bulan saya harus tetap menyisihkan uang saku untuk masa depan saya kelak.

Powerbank dari BNI

Kejutan BNI

Hal yang paling menggembirakan dari BNI adalah sebuah bingkisan yang tidak disangka-sangka yaitu powerbank. Waktu pengiriman bingkisan pun selang beberapa hari dengan peringatan hari kelahiran saya yang bebarengan dengan ulang tahun BNI yaitu tanggal 5 Juli. Kala itu ada kurir paket datang ke rumah dengan memberikan sebuah bingkisan dari BNI. Saya pun segera membukanya dan terdapat sebuah powerbank yang berkualitas dan dikemas secara apik. Saya sangat beruntung mendapatkan bingkisan powerbank dimana saat itu powerbank yang saya miliki sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Sampai saat ini saya tetap setia menggunakan layanan dari BNI karena pelayanannya cukup memuaskan. Kedepannya saya ingin menggunakan layanan BNI yang lain demi masa depan saya dan menunjang aktivitas saya sehari-hari. Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Juli 1946, BNI telah memiliki 1.714 cabang (outlet) dan 11.209 buah mesin ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota di Indonesia. Jumlahnya pun semakin hari semakin bertambah untuk memanjakan para nasabahnya di seluruh Indonesia. Nasabah pun tidak perlu khawatir karena layanan customer service melalui telepon atau Call Center 1500046 yang dapat dilayani diseluruh penjuru nusantara secara non stop 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Selain itu nasabah juga dimudahkan dengan nomor telepon 68888 yang dapat diakses melalui telepon seluler di seluruh Indonesia.

Usia BNI yang ke 70 tahun #70TahunBNI ini sudah tidak muda lagi dalam bersaing dengan bank-bank lain di Indonesia. Perjalanan dan eksistensi BNI dalam menjaring para nasabah dan memberikan kepuasan dalam pelayanan patut mendapat acungan jempol. Selain itu status BNI sebagai BUMN mendukung upaya penguatan kemandirian ekonomi yang merupakan program pemerintah Republik Indonesia. Berbagai program bisnis maupun program kemitraan dan bina lingkungan yang dijalankan oleh BNI tidak semata-mata dimaksudkan untuk meraup keuntungan melainkan juga untuk membantu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Harapan kedepan untuk BNI pada ulang tahun ke 70 ini semoga dapat mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah dan dapat memperluas jangkauan ATM ke seluruh pelosok di Indonesia.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blogging #PengalamanBersamaBNI #70TahunBNI

Sumber:

http://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/simpanan/bnitaplus.aspx

http://www.bumn.go.id/bni

https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia

Press Release: Memasuki Usia ke-70 Tahun BNI Berkomitmen Dukung Kemandirian Ekonomi

Comments
  1. Yuliana Sari
  2. Triani Retno A
  3. Iqbal Kautsar
  4. Eko Nurhuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *