Penggunaan Micro-SD pada DSLR

Micro SD Logo

Micro SD merupakan salah jenis memory card yang digunakan untuk menyimpan data digital. Ukuran Micro SD lebih kecil dibandingkan dengan SD Card dan Mini SD. Penggunaan Micro SD lebih ditujukan pada perangkat portabel berukuran mini seperti smartphone, tablet, gps, dan sebagainya. Seiring berkembangkan teknologi muncul beragam pertanyaan mengenai penggunaan Micro SD. Salah satunya adalah penggunaan Micro SD dengan penambahan Adapter sebagai pengganti SD Card pada kamera DSLR dan Mirorless.

Banyak fotografer mempertanyakan apakah Micro SD dapat berfungsi, bekerja, atau digunakan pada kamera DSLR seperti layaknya SD Card? Jawabannya adalah BISA. Namun penggunaan Micro SD pada DSLR harus bersiap dengan segala kemungkinan dan resiko yang akan dihadapi. Dibawah ini akan dibawah akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan Micro SD pada kamera DSLR dan mirorless :

Kelebihan (Pros)

  • Harga Micro SD lebih murah dibandingkan SD Card dengan kapasitas dan kelas yang sama.

Kekurangan (Cons)

  • Micro SD Tidak Didesain Untuk DSLR. Produksi Micro SD lebih diutamakan untuk penggunaan smartphone dan bukan untuk DSLR (sejenisnya). Ukurannya dipangkas menjadi lebih kecil dengan mengorbankan beberapa elemen dan material penyusun. Meskipun bisa dipasang pada DSLR dengan menggunakan Adapter namun kinerjanya tidak seperti jenis memorycard yang sebenarnya (SD Card, CF)
  • Kinerja Micro SD lebih rendah dibandingkan dengan SD Card. Bila dibandingkan antara Micro SD dan SD Card dengan kapasitas yang sama (misal 16 Gb) dan kelas yang sama (misal class 10) memiliki perbedaan kinerja read/write atau baca/tulis data. Angka read/write tercantum pada label depan kedua memorycard tersebut dimana Micro SD memiliki angka lebih rendah dibandingkan dengan SD Card. Tidak heran bila dalam penggunaan Micro SD pada DSLR muncul kasus kecepatan tulis sangat lambat, transfer data lemot, dan sebagainya.
  • Micro SD Mudah Panas. Ukuran Micro SD yang kecil membuatnya cepat panas ketika dialiri arus listrik dari pembaca memory card pada kamera DSLR. Apalagi ketika Micro SD dipaksa bekerja berat untuk menuliskan file photo yang berukuran besar (biasanya format RAW atau JPEG kualitas tinggi). Sepertinya elemen Micro SD tidak didesain untuk bekerja keras pada alat yang besar karena masing-masing telah ada ukurannya tersendiri.
  • Micro SD Lebih Mudah Corrupt. Masalah panasnya Micro SD kadang berlanjut pada storage problem dimana Micro SD tidak dapat digunakan (rusak). Kamera DSLR tiba-tiba tidak dapat menuliskan data pada Micro SD, file foto rusak (corrupt), hingga muncul pesan error meminta Micro SD segera di format. Beberapa kasus ini terselesaikan ketika dilakukan format ulang dan sebagian bersifat permanen (rusak tidak dapat diperbaiki)

Kesimpulan (Conculsion)

Micro-SD yang dipasangi Adapter SD-Card hingga Adapter Compact Flash (CF) dapat digunakan pada kamera DSLR, mirorless, pocket, dan sebagainya. Hanya saja seringkali muncul problem atau masalah dalam penggunaanya. Masalah yang muncul tersebut disebabkan oleh berbagai faktor yang pengalamannya berbeda-beda dari setiap penggunanya. Sedikit saran sebaiknya Micro-SD dengan adapter hanya digunakan sebagai cadangan atau darurat ketika memory card yang dibawa telah terisi penuh data atau file photo. (text/foto: annosmile)

Incoming search terms:

    letak sd card pada DSLR apakah memori hp bisa di pasang ke memori kamera apakah memory camera bisa dipasang di hp apakah slr bisa menggunakan memori hp apakah slr memakai kartu memori hp? Bahaya memakai adapter kamera bahaya menggunakan adaptor memory card pada kamera dslr bahaya menggunakan memory adapter untuk dslr bahayanya memakai adapter memory di kamera apakah memori hp bisa di pakai di kamera dslr apakah kartu memori hp bisa di pasang di kamera apakah kamera digital bisa menggunakan microsd tutorial masang memori ke adaptor apa bahaya menggunakan adaptor memory apa kah pake memori converter pada dslr bahaya ? apakah canon 1100d bisa pake adaptor memory apakah dslr bisa dipasangi mmc apakah dslr bisa pakai memori micro sd apakah dslr bisa pake micro sd apakah kamera bisa pakai memori hp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *