[Review] Modem Huawei E352

Modem Huawei E352

Setelah berhenti menggunakan layanan internet kabel Telkom Speedy, saya beralih menggunakan koneksi internet 3G/HSDPA yang biasanya terintergrasi pada ponsel atau smartphone. Keuntungannya mudah dibawa kemana-mana karena ukuran modem kecil seukuran USB Flashdisk dan pembelian paket internet dapat dilakukan secara prabayar. Bermacam-macam jenis dan merk modem 3G/HSDPA banyak ditemui dipasaran, mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal.

Setelah berpikir secara matang, akhirnya saya memilih modem bermerk Huawei dengan tipe E352. Modem Huawei E352 ini saya beli di sebuah toko modem di kawasan Maguwoharjo yang terkenal murah. Hal yang membuat saya tertarik membeli modem ini adalah batas kecepatan internet maksimal yang dapat digunakan adalah 14.4Mbps dan beberapa review kaskus yang memberikan nilai positif terhadap produk ini.

Fitur lain Modem Huawei E352 yang tidak kalah menarik adalah slot untuk antena external. Hal ini memudahkan untuk memperkuat sinyal atau jaringan operator yang sering tidak stabil. Saat ini telah banyak macam antena external untuk Modem Huawei E352 yang disambungkan dengan konektor khusus. Kedepannya saya ingin mencoba kinerja Modem Huawei E352 dengan antena external jenis yagi.

Huawei E352 Test By Speedtest

Pengalaman pertama menggunakan modem Huawei E352 dengan menggunakan koneksi internet dari operator XL. Setelah melakukan ujicoba (test) kecepatan koneksi internet di speedtest.net dihasilkan kecepatan download sebesar 2.58Mb/s dan upload sebesar 0.36Mb/s. Saat dilakukan ujicoba ulang, hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil sebelumnya.

Kesimpulannya hasil pengukuran kecepatan masih jauh dari batas maksimal kemampuan Modem Huawei E352 yaitu sebesar 14.4Mb/s. Kinerja modem Huawei E352 cukup stabil dan tidak mudah panas ketika dipakai dalam waktu lama. Kecepatan koneksi internet masih dipengaruhi oleh operator jaringan sehingga disarankan memiliki 2 jenis/kartu internet dari operator internet 3G/HSDPA berbeda. Apabila satu satu koneksi internet dari operator internet 3G/HSDPA bermasalah dapat diganti dengan kartu yang satunya. Kedepannya saya akan menggunakan antena external untuk memperkuat sinyal yang diterima agar koneksi internet lebih stabil. (text/foto: annosmile)

===

Spesifikasi

  • Nama: Huawei E352
  • Jaringan: HSPA/UMTS 2100MHz, 2100MHz/900MHz, GSM/GPRS/EDGE 850MHz/900MHz/1800MHz/1900MHz
  • Kecepatan internet: HSPA data service of up to 14.4Mbit/s (DL) 5.76Mbit/s (UL), UMTS PS domain data service of up to 384kbit/s, EDGE packet data service of up to 236.8kbit/s, GPRS packet data service of up to 85.6kbit/s
  • Ukuran: 83 x 26 x 12.3 mm
  • Berat: 25 g
  • Sistem Operasi: Windows XP SP2/SP3, Windows Vista SP1/SP2, Windows 7, Mac OS X 10.5 and 10.6 with latest upgrades
  • SMS: Ya
  • Fitur lain: Equalizer, Receive diversity, CS domain data service based on UMTS and GSM, Plug and play (Plug & Play USB Modem), USSD, Personal computer/Smart card (PC/SC) Driver Attena Port Support, Standard USB interface(Type A), Micro Secure Digital Memory (Micro SD) Card Reader.
Comments
  1. febri
  2. Bibit WS
    • annosmile
  3. Nina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *