Pantai Klayar dan Tebing Karang Bolong Photo Tour

Pantai Klayar Pacitan Saat Senja

Pantai Klayar yang berada di wilayah desa Kalak, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan Jawa Timur memiliki pesona keindahan pantai yang jarang dimiliki pantai lain. Pantai ini diapit dua buah tebing karang yang berwarna putih dengan bentuk yang unik. Daya tarik lain pantai ini adalah keberadaan Seruling Samudera atau pancaran air dari bebatuan pantai yang mengeluarkan bunyi seperti seruling. Hal ini yang menyebabkan Pantai Klayar dimasukkan kedalam daftar Situs Pantai Klayar dan Geopark Gunung Sewu di wilayah kabupaten Pacitan.

Awal bulan April 2016, saya diajak teman fotografer dari Bali yang bernama Hendra Gunawan untuk kembali mengeksplore pantai yang memiliki keindahan yangeksotis tersebut. Rencana awalnya kami mengajak beberapa teman fotografer yang tinggal di Yogyakarta seperti mas Budy Ardono, Budi Dharma, dan Gothil Budi Siswanto namun Budy Ardono dan Budi Dharma akhirnya tidak dapat ikut karena sesuatu keperluan yang tidak dapat ditunda lagi. Waktu pemotretan dilakukan selama dua hari satu malam (2D1N) dimana mencari foto senja (sunset), foto malam, dan foto sunrise.

Tebing Karang Bolong Pantai Klayar Pacitan

Pertama kali yang kami lakukan saat tiba di kawasan Pantai Klayar Pacitan adalah mencari penginapan homestay karena kami berencana menginap di kawasan pantai ini. Mengapa hal ini langsung kami lakukan? Karena kami berkunjung pada akhir pekan (weekend) dan tentu saja penginapan yang ada ramai diserbu oleh wisatawan. Setelah mendapatkan sebuah kamar di salah satu homestay Pantai Klayar, kami bertiga langsung berangkat berburu foto alam (landscape).

Cuaca Mendung

Cuaca Pantai Klayar saat menjelang sore dipenuhi oleh awan dan tidak terlihat adanya langit yang berwarna biru. Namun kondisinya sudah membaik karena siang harinya sempat dilanda hujan dan adanya gumpalan awan yang berwarna kehitaman. Melihat kondisi tersebut, kami tidak mengurungkan niat untuk berburu foto dan tetap memaksimalkan waktu yang ada untuk mengambil foto.

Spot pertama yang kami pilih untuk berburu foto adalah Tebing Karang Bolong atau Pantai Karang Bolong yang berada di sebelah barat Pantai Klayar. Akses menuju ke pantai ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Namun kami memilih berjalan kaki menyusuri jalan setapak karena aksesnya lebih dekat dan masih sulitnya akses kendaraan menuju lokasi.

Slow Speed Ombak Pantai Klayar Pacitan

Berburu Bima Sakti

Tengah malam, kami terbangun dari tidur untuk melanjutkan perburuan foto di Pantai Klayar Pacitan. Kami kembali berjalan kaki dari penginapan menuju ke kawasan pantai yang terdapat bebatuan karang tersebut. Suasana Pantai Klayar saat itu masih ramai karena banyak anak muda yang berkemah di tepi pantai. Aktivitas ini sering terlihat saat liburan akhir pekan dan liburan semester kampus. Untung saja spot foto yang kami datangi tidak ada orang di sekitar dan kami segera memulai perburuan foto pada malam hari.

Tripod langsung kami dirikan dan kamera kami setting untuk pemotretan pada malam hari ini. Kondisi langit saat itu sebagian terlihat cerah dan sebagian lagi tertutup oleh awan sisa mendung dan hujan siang-sore tadi. Kondisi langit arah selatan yang cukup cerah membuat kami bersemangat utuk segera memulai. Galaxy Bima Sakti atau sering disebut dengan milky way terlihat samar-samar diatas langit sisi selatan. Sepertinya awal bulan April belum waktunya milky way terlihat dengan jelas di Indonesia.

Cuaca dan keberuntungan sepertinya belum kembali berpihak oleh kami, sekitar satu jam melakukan pemotretan di kawasan Pantai Klayar tiba-tiba ada awan melintas di langit sisi selatan arah kami memotret. Bintang dan milky way yang tadinya tertangkap kamera tiba-tiba menghilang tertutup awan. Beberapa saat kemudian bulan sabit muncul dari ufuk sebelah timur. Cahaya bulan yang menerangi langit bumi membuat kelap kelip bintang terlihat memudar dan pancaran milky way melemah atau tidak tertangkap kamera. Sepertinya kami harus menjadwal ulang perburuan foto malam di pantai ini pada waktu yang tepat. Waktu yang mendekati pagi membuat kami memilih bertahan di tempat ini untuk melanjutkan perburuan foto pagi yaitu pegabilan foto saat matahari terbit atau sunrise.

Foto Bersama Klayar PhotoTrip 2016

Pagi Yang Cerah

Ramainya pengunjung atau wisatawan Pantai Klayar pada hari minggu memaksa kami mengakhiri lebih awal perburuan foto di kawasan pantai. Sudut pengambilan foto yang kami lakukan sudah dipenuhi oleh wisatawan dan suasana sudah tidak kondusif lagi untuk pemotretan. Sebelum kembali menuju ke homestay, kami berfoto bersama di depan spot foto air terjun atau jatuhan air laut dari atas tebing bukit sisi barat Pantai Klayar. Sekitar satu jam kemudian kami kembali menuju Yogyakarta karena sore harinya Hendra Gunawan akan berangkat pulang ke Denpasar Bali. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *