Jelajah Pantai Krokoh Gunungkidul

Jalan Setapak Menuju Pantai Krokoh Gunungkidul

Pantai Krokoh merupakan kawasan pantai di wilayah timur Gunungkidul tepatnya di padukuhan Putat, desa Songbanyu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisi pantai ini berada di sebelah timur kawasan Pantai Sadeng. Rute menuju pantai ini dari kota Yogyakarta melewati Jalan Wonosari-Piyungan-Patuk-Kota Wonosari-Semanu-Jepitu-Girisubo-Pantai Sadeng atau bisa melewati Jalan Wonosari-Piyungan-Patuk-Kota Wonosari-Jalan Baron-Jalan Pesisir Pantai Selatan Gunungkidul ke arah timur (pantai Sadeng).

Perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Pantai Sadeng cukup mudah karena kondisi jalan cukup bagus dan banyak papan petunjuk arah disetiap persimpangan jalan. Bila kamu masih kebingungan dalam perjalanan silakan tanya kepada penduduk setempat. Memasuki kawasan Pantai Sadeng yang dikembangkan menjadi pelabuhan silakan susuri jalan ke arah timur dari area pelabuhan tersebut. Pada sisi bukit sebelah timur ada jalan cor semen naik menuju lokasi Pantai Krokoh Gunungkidul. Ikuti jalan tersebut hingga melewati area ladang pertanian penduduk dan gerbang masuk padukuhan Putat. Jalur menuju Pantai Krokoh dapat dilewati dengan membawa kendaraan beroda dua, namun bila membawa kendaraan roda empat hanya bisa sampai di area pemukiman penduduk saja. Kami yang membawa mobil akhirnya meminta izin untuk parik di halaman rumah penduduk dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Kami berempat terdiri dari saya, alannobita, aria putra, dan mari memotret bersiap-siap sebelum berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Bersantai Di Pantai Krokoh Gunungkidul

Kami berjalan kaki sekitar 30-45 menit menuju ke arah Pantai Krokoh dengan berjalan kaki. Kondisi jalan setapak berbatu tidak menyulitkan langkah kaki karena sudah ditata cukup rapi. Sepanjang perjalanan pun terasa menarik karena disambut dengan pemandangan area persawahan dan tebing kapur di sisi kanan dan kiri jalan. Rasa lelah pun terbayar ketika kami tiba di kawasan pantai ini.

Pantai Krokoh memiliki karakteristik pantai berpasir putih yang halus dan diapit oleh dua buah tebing yang tinggi. Tebing sebelah timur menjorok memanjang ke arah laut, sedangkan tebing barat menjulang agak tinggi. Kondisi pantai yang surut terlihat ganggang laut dan rumput laut di dasar karang bebatuan. Di tebing bagian timur pantai Krokoh terdapat sebuah lubang horizontal yang didalamnya merupakan sarang-sarang “Kalong” (kelelawar) dan juga burung wallet. Aktivitas burung tersebut tampak ketika hari menjelang sore hari.

Annosmile Dkk di Pantai Krokoh Gunungkidul

Kami beberapa saat berada di kawasan Pantai Krokoh Gunungkidul sambil menikmati keindahan yang ditawarkan. Tidak lama kemudian datang sekelompok para pemancing atau pencari lobster dan gurita yang akan memasang perangkap lobster di bebatuan pantai. Kemudian keesokan harinya mereka kembali datang ke tempat ini untuk melihat apakah ada lobster dan gurita yang tertangkap di perangkap mereka. Setelah cukup puas berada di tempat ini kami melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Sadeng untuk berburu senja di kawasan pantai tersebut. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *