Memburu Senja Di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Papan Selancar Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah (Pulo Merah) merupakan salah satu destinasi wisata utama kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Pantai ini disejajarkan dengan Pantai Kuta atau Pantai Seminyak di Bali. Sedikit informasi yang didapat pantai ini dikenal sebagai lokasi perlombaan surfing atau berselancar tingkat nasional bahkan internasional. Tercatat event International Surfing Competition sukses diselenggarakan di kawasan pantai ini. Event tersebut diikuti peserta lebih dari 20 negara dan sukses menarik wisatawan dan penonton dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada mulanya pantai ini diberi nama Pantai Ringin Pitu kemudian diganti dengan nama menjadi Pantai Pulau Merah. Alasan penggantian nama sebenarnya simpel untuk lebih mudah diingat dan diucapkan. Pantai ini menyajikan pemandangan unik berupa pulau kecil di tepi pantai dan memiliki pasir pantai berwarna putih. Secara administratif pantai ini berada di desa Sumber Agung, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi. Garis pantai ini lumayan panjang sejauh kurang lebih 3 (tiga) kilometer dengan kontur pantai yang landai.

Foto Bersama Pantai Pulau Merah 2016

Siang itu setelah puas berada di Mangrove Bedul yang berada di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, kami bertiga yang terdiri dari saya, Gothil Budi Siswanto, dan Alannobita melanjutkan perjalanan ke Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah kami pilih karena pantai ini merupakan destinasi wajib ketika berwisata ke kabupaten Banyuwangi. Belum lengkap rasanya atau belum ke Banyuwangi bila belum berkunjung ke Pantai Pulau Merah.

Tentang Perjalanan

Petunjuk arah menuju ke arah pantai Pulau Merah cukup jelas terpasang di titik strategis jalan dan cukup menolong wisatawan yang baru pertama kali menuju ke pantai tersebut. Dari kota Banyuwangi ke arah Pesanggaran melewati daerah Rogojampi, Srono, dan Jajan. Hanya saja kondisi jalan masih sempit dan sebagian mengalami kerusakan serta tidak (belum) diperbaiki. Hal ini sepertinya menjadi kritikan agar infrastruktur jalan menuju kawasan wisata segera diperbaiki karena menjadi aset daerah.

Tiba di Pantai Pulau Merah, kami langsung berpencar dan berkeliling untuk mencari spot foto yang diinginkan. Pertama-tama kami langsung berburu foto landscape pantai yang menjadi primadona wisata tersebut. Aktivitas nelayan berangkat melaut menjelang sore hari cukup menarik perhatian kami setelah menikmati keindahan pantai. Perahu dengan pemberat di sisi kanan kiri didorong dari tepi pantai ke arah laut kemudian dinaiki para nelayan. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang hingga menyisakan beberapa perahu saja di tepi pantau. Objek tersebut menjadi salah satu objek foto Human Interest (HI) di pantai tersebut yang tidak kami lewatkan. Selain itu objek para peselancar yang sedang berlatih cukup menarik didokumentasikan meskipun aksinya tidak sebaik saat berlangsung kejuaraan surfing.

Foto Bersama Itu Wajib!

Tidak lupa kami berfoto bersama untuk mengabadikan cerita perjalanan kali ini. cara pengambilan foto bersama menggunakan monopod dari tripod Beike QZSD-666 dan kamera Nikon D90 yang saya miliki. Pengambilan terkesan asal-asalan karena hanya sekedar dokumentasi saja. setelah berfoto bersama, kami beristirahat sebentar dan memutuskan untuk membeli minuman di warung yang berada di tepi pantai. Untung saja sore itu masih ada warung yang masih buka dan kami segera memesan minuman yang ada. Sambil bersantai kami harap-harap cemas dengan cuaca disekitar Pantai Pulau Merah yang perlahan-lahan berawan tebal dan berujung pada hujan di waktu senja.

Senja Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Beruntung

Keberuntungan kali ini berpihak pada kami, cuaca mendung sore hari di Pantai Pulau Merah memunculkan warna biru kemerah-merahan setelah matahari terbenam atau sunset. Kami mulai paham mengenai nama Pantai Pulau Merah dimana suasananya benar-benar memerah ketika senja tiba. Semburat warna senja yang indah ini segera kami abadikan dengan menggunakan kamera yang kami bawa. Genangan air laut di tepi pantai yang sedang surut memberikan kesan menarik dengan pantulan bayangan Pulau Merah dan merahnya langit senja. Suasana ini terasa cukup singkat kemudian hari berganti malam. Kami cukup puas dengan hasil pemotretan landscape dan human interest yang kami ambil di Pantai Pulai Merah meskipun belum maksimal karena baru pertama kali. Pantai ini cukup direkomendasikan menjadi lokasi photo trip atau photo tour di wilayah Banyuwangi selain Gunung atau Kawah Ijen. Selesai berburu foto kami langsung berkemas-kemas kemudian berangkat pulang. Terima kasih Pantai Pulau Merah telah memberikan kesan menarik saat pertama kali kami datang. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *