[Kuliner] Sate Klathak Khas Jejeran, Kuliner Yang Cukup Favorit di Jogja

Sajian Sate Klathak Pak Bari Jejeran Bantul

Sate Klathak bagi saya bukan sesuatu hal yang “wah” atau istimewa. Sudah tidak terhitung lagi berapa kali saya menikmati santapan sate kambing khas Jejeran Bantul ini. Ada beberapa warung sate kambing yang menyajikan hidangan sate klathak yang menjadi langganan saya yaitu Sate Kambing Pak Pong dan Sate Kambing Pak Bari. Keduanya menempati lokasi yang cukup berdekatan atau berjarak sekitar satu kilometer saja. Untuk pilihan sate klathak yang lain seperti Sate Kambing Pak Jede di belakang Ambarukmo Plaza, saya malah tidak merekomendasikan karena tidak cocok di lidah saya.

Sate Klathak di tempat aslinya yaitu Jejeran Bantul cukup banyak ditemui di sepanjang jalan. hampir semua warung sate kambing di sekitar jejeran menggunakan nama laki-laki daripada wanita entah apa alasannya. walaupun saat ini ada warung sate kambing yang menggunakan nama perempuan seperti Warung Sate Kambing Mbak Bela. Rasa yang ditawarkan sebetulnya hampir sama bisa baru pertama kali atau jarang menikmati sate kambing klathak. Namun ketika menjadi kebiasaan dalam menyantapnya akan merasakan sedikit perbedaan diantara sajian sate klathak di warung yang satu dengan warung yang lain. Hal ini lebih sering dirasakan oleh masyarakat sekitar yang sering menyantapnya. Mereka lebih memilih sajian sate klathak di sebuah warung yang dianggap mereka enak dibandingkan warung yang lain.

Harga seporsi Sate Klathak di warung-warung penjual sate kambing sekitar Yogyakarta cukup murah dan diantaranya tidak terpaut jauh selisih harganya. Jangan dibandingkan dengan harga sate kambing khas Solo yang mungkin harganya bisa dua kali lipat atau lebih. Pengalaman saya mencicipi sate kambing khas Solo di Warung Sate Kambing Sumber Pak Dahlan membuktikan bahwa seseorang dapat menghabiskan biaya sekitar 50 ribuan untuk seporsi sate kambing, nasi, dan minuman. Kadang, dalam sebulan saya beberapa kali menikmati sajian sate kambing klathak ini disamping sesekali menikmati hidangan sate kambing khas daerah lain. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *