[Review] SDHC V-Gen 8Gb Class 4

SDHC V-Gen 8Gb Class 4

SDHC V-Gen merupakan merk SDHC yang paling murah menurut saya selama ini. SDHC V-Gen ini mampu bertahap diantara SDHC merk terkenal semacam SanDisk, Trandcend, Toshiba, Kingston, dan sebagainya dengan harga yang sangat murah. Tidak heran bila SDHC V-Gen sering dijadikan bonus memorycard saat pembelian kamera DSLR maupun kamera saku.

Saya mencoba mengetes SDHC V-Gen 8Gb Class 4 dan membandingkan dengan SDHC sejenis yang pernah sama coba sebelumnya semisal Transcend dan SanDisk. SDHC V-Gen ini kembali saya coba pada kamera DLSR Nikon D90. Kemampuannya cukup untuk ukuran SDHC class 4 dalam pemotretan biasa atau sekali jepret. Namun ketika digunakan untuk pemotretan berulang (brust/continous) kinerjanya kurang baik dan banyak mengalami lag atau jeda.

Sepertinya kinerja SDHC V-Gen 8Gb Class 4 ini tidak jauh berbeda dibandingkan SDHC 8Gb Class 4 bermerk SanDisk ataupun Transcend. Namun kesan buruk (negatif) penggunaan SDHC murah ini terasa apabila kartu memory mengalami kerusakan. Harga yang cukup murah disebut-sebut sebagai alasan utama buruknya kualitas SDHC V-Gen. Cukup banyak kasus memory rusak atau error pada produk V-Gen ini. Namun produsen V-Gen bersedia menggantinya apabila segel belum rusak karena bergaransi seumur hidup.

Harga yang murah dan garansi lifetime (seumur hidup) menjadi salah satu alasan mengapa sebagian orang lebih memilih menggunakan memory V-Gen baik SDHC, Ram, ataupun produk lain. Tidak heran bila disetiap toko kamera atau aksesoris kamera menjual memorycard bermerk V-Gen. Sama seperti merk lain, SDHC V-Gen Class 4 hanya disarankan untuk penggunaan kamera saku saja. Saya belum mengetahui apakah V-Gen telah memproduksi SDHC dengan class yang lebih tinggi semisal Class 6 atau Class 10. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *