[Kuliner] Soto Bathok Sambisari

Soto Bathok yang berada di utara Candi Sambisari Yogyakarta akhir-akhir ini sedang naik daun dan membuat orang penasaran. Letaknya warung soto ini sebenarnya berada di luar kawasan Yogyakarta yang masuk wilayah kabupaten Sleman. Jaraknya lumayan jauh namun tidak mengurungkan niat penikmat soto untuk datang ke tempat ini. Sajian soto yang khas dengan mangkok dari bathok dan suasana warung yang unik menjadi daya tarik utama tempat ini.

Soto Bathok Sambisari Yogyakart

Rute menuju Soto Bathok Sambisari dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur menuju Jalan Solo. Selama perjalanan akan melewati Ambarukmo Plaza, pertigaan Jembatan Layang Janti, pertigaan Jalan Ringroad Timur, dan pertigaan menuju arah Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta. Pelankan kendaraan anda dan pada sisi kiri ada papan petunjuk arah menuju Candi Sambisari. Ikuti papan petunjuk arah tersebut hingga kawasan Candi Sambisari. Letak Soto Bathok berada di utara candi dan bila masih bingung tanyalah kepada penduduk yang ada disekita daerah tersebut.

Warung Soto Bathok Sambisari Yogyakarta Dari Depan

Sesuai namanya, Soto Bathok sambisari disajikan dengan menggunakan mangkok yang terbuat dari bathok kelapa. Inilah keunikan yang jarang dimiliki warung soto lain di sekitar Sleman dan Yogyakarta. Untuk isi sajian soto hampir sama seperti soto pada umumnya seperti nasi, daging sapi, rajangan kol, tauge, dan kuah soto. Hidangan tambahan yang disajikan cukup lengkap mulai sate usus, sate telur puyuh, tempe garit goreng. Diantara sajian tambahan tersebut tempe garit goreng menjadi kesukaan saya saat mencicipi hidangan soto ini. Tempenya berukuran kecil dan rasanya cukup renyah dengan bumbu yang pas. Hanya saja porsinya agak sedikit dan kadang nambah menjadi dua porsi saat memesannya.

Gubug-Gubug Di Soto Bathok Sambisari Yogyakarta

Suasana Soto Bathok Sambisari Yogyakarta cukup nyaman karena di kelilingi area persawahan dan menggunakan bangunan semi permanen berbentuk gubug dan saung. Tempat duduk disediakan dengan jenis meja kursi dan lesehan. Sambil menikmati sajian soto yang unik, pengunjung dihibur dengan pemandangan area persawahan yang hijau dan angin sepoi-sepoi. Sebuah peraduan yang pas dan membuat orang betah mampir di tempat ini lagi.

Harga yang ditawarkan warung Soto Bathok Sambisari Yogyakarta ini cukup murah dan seporsi soto daging sapi dipatok dengan harga Rp 5.000,- (lima ribu rupiah). Dengan harga makanan yang murah ini pengunjung juga mendapatkan bonus pemandangan yang asri dan suasana tempat makan yang menarik. bagi sebagian orang, tempat ini cocok digunakan sebagai tempat sarapan pagi atau makan menjelang siang hari. Selamat mencoba. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *