[Review] Test Koneksi Axis Bulan Maret 2016

Kartu Perdana AXIS

AXIS merupakan operator seluler yang belum lama ini bergabung menjadi satu dengan operator XL (XL Axiata). Namun demikian produk kartu seluler AXIS tetap dipertahankan dan mulai sering memberikan paket murah kepada pelanggannya setiap minggunya. Saya tertarik mencoba koneksi internet AXIS setelah kartu internet saya sebelumnya habis quota internetnya dan tidak saya perpajang lagi. Saya memilih Paket Internet Rawit atau Rabu Irit yang ditawarkan operator AXIS untuk paket 5Gb selama 24 jam dengan masa aktif 90 hari dengan harga Rp 39.800,-.

Kecepatan internet AXIS dalam mode HSDPA (3,5 G) dalam ujicoba atau test kecepatan di situs speedtest.net pada download mencapai titik tertinggi sebesar 4,57 mb/s dan titik terendah pada kisaran 3,49 mb/s serta pada upload mencapai titik tertinggi sebesar 0,85 mb/s dan titik terendah sebesar 0,62 mb/s. Ujicoba tersebut dilakukan di pusat kota Yogyakarta dengan mengambil pilihan server terdekat saat itu yaitu Server Surakarta dan server di dekat ibukota yaitu Tangerang. Waktu ujicoba dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB dengan netbook Acer Aspire One Happy Family dan modem 3G Huawei E352.Hasil Speedtest Internet Axis Bulan Maret 2016

Pengalaman menggunakan internet AXIS selama beberapa hari sinyal HSDPA sering menghilang ketika mendekati waktu tengah hari atau sekitar pukul 12.00 dan sore hari ketika pukul 16.00. Saya tidak mengetahui alasannya kenapa padahal sebelumnya sinyal HSDPA pada ponsel tertampil penuh dan posisi saya saat itu sering berada di pusat kota yang sangat mendukung jaringan 3G, 3,5G bahkan saat ini sudah menjangkau 4G. Beberapa dugaan saya mengenai penggabungan jaringan antara AXIS dengan XL belum sepenuhnya rampung dan masih ada permasalahan yang belum teratasi.

Secara keseluruhan AXIS memberikan tarif paket internet yang cukup terjangkau dan mungkin paling murah diantara operator seluler lain yang ada di Indonesia. Hanya saja pengguna harus lebih bersabar karena kadang sinyal internet hilang, kecepatan internet tidak stabil, dan sepertinya belum mendukung jaringan 4G karena jaringan 4G masih dipusatkan pada kartu perdana XL. Bagi pengguna yang jarang menggunakan fasilitas internet pada ponselnya, paket ini sepertinya cocok dan lebih menghemat biaya. Namun bagi pengguna yang doyan berinternet dan membutuhkan kecepatan tinggi dan stabil sebaiknya tidak menggunakan paket internet dari operator ini. (text/foto: annosmile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *